Pemilu 2009


Pemilu 2009; Pesta Demokrasi yang Cedera

Avena Matondang

Pemilu atau Pemilihan Umum adalah sarana proses demokrasi yang berlangsung dalam interval waktu lima tahun sekali memainkan peran penting bagi setiap elemen masyarakat, baik konstituen, calon legislatif dan calon presiden yang akan bertanding dalam arena Pemilu, Pemilu pada hakikatnya adalah sarana bagi masyarakat untuk menentukan siapakah calon atau individu yang dianggap pantas dan mampu untuk menyalurkan aspirasi mereka ditingkat pengambil keputusan sedangkan bagi calon legislatif, Pemilu adalah sarana untuk membuktikan kemampuan menyalurkan aspirasi masyarakat pendukungnya.
Pemilu demi Pemilu telah berlangsung dan dijalani namun hasil akhir pertandingan Pemilu tidak lebih dari sekedar pertandingan kepentingan pribadi, belum lagi masalah kecurangan secara birokrasi maupun struktural. Dampak negatif yang timbul dari Pemilu tidak pernah tersentuh sampai pada akar permasalahan kalau pun ada penanganan oleh lembaga negara hanya pada permukaan masalah.
Pemilu 2009 sebagai pemilu dengan tingkat kompleksitas tinggi sebagaimana diungkapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak lepas dari “cedera politis” yang meningggalkan efek traumatis berkepanjangan, jumlah DPT yang bermasalah, money politic hingga pada proses quick count. Kompleksitas tinggi dibarengi dengan biaya penyelenggaraan yang tinggi pula yang dapat mengatasi kelaparan, kemiskinan hingga perbaikan pembangunan yang lebih berguna bagi masyarakat luas bandingkan dengan BLT (bantuan langsung tunai) yang tidak tepat sasaran.
Proses penghitungan suara Pemilu 2009 masih berlangsung sampai saat ini yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, disisi lain partai kontestan Pemilu hubar-habir melakukan koalisi dengan harapan dapat berperan dalam usaha pembangunan bangsa ini, para caleg berebutan masuk rumah sakit jiwa dan menarik kembali sumbangannya, kalau kiranya masyarakat boleh kembali menarik dukungannya terhadap partai politik maupun caleg seperti para caleg yang menarik kembali sumbangannya tentu jalan ceritanya akan berubah.
Secara konseptual, Pemilu bertujuan menyaring para wakil rakyat yang akan memperjuangkan hak dan aspirasi masyarakat tetapi pada aplikasinya Pemilu bertujuan untuk menyaring para mafia proyek, peradilan dan mereka yang merasa memiliki posisi lebih tinggi sehingga dapat merendahkan seorang Dirut BUMN bahkan masyarakat, mungkin para wakil rakyat yang sekarang masih duduk maupun yang akan duduk lebih menanamkan konsep ekonomi ‘semakin tinggi tingkat permintaan maka semakin tinggi pula tingkat harga” dan “semakin sedikit barang dan jasa maka semakin tinggi tingkat penawaran”.
Skenario demi skenario dilakukan untuk dapat mempertahankan kekuasaan, mungkin Tuhan tidak lelah memberikan cobaan kepada masyarakat Indonesia sehingganya dukun cilik Ponari pun kebanjiran tawaran untuk mengobati, Pemilu 2009 telah berhasil menciptakan suatu gelombang fenomena sosial yang tinggi tetapi apresiasi tinggi tidak lupa dapat diberikan kepada mereka yang tanpa lelah membangun bilik suara, mendistribusikan surat suara ke daerah terpencil hingga pada Linmas yang setia menjaga amannya Pemilu 2009.
Akhir kata cedera politis itu tetap meninggalkan efek traumatis yang dalam dan berkepanjangan bagi masyarakat, semoga ini tidak berlanjut pada Pilpres mendatang, mari sukseskan Pemilu 2009 .

… Ayo Memilih !.

Ethnographer/Alumni Antropologi FISIP-USU.

Komentar

Tolush mengatakan…
Hi…



Ada info penting banget nih.. Tahun ini Jawaban.Com kembali mengadakan event gede-gedean untuk Para Bloger Kristen, yaitu Christian Indonesian Blogger Festival 2009 (CIBfest 2009). CIBfest kali ini bertema "Menjadi Jawaban Melalui Kreativitas Yang Berdampak". Ada hadiah berupa uang tunai Rp. 15 Juta Rupiah untuk 3 orang pemenang.Pastikan kamu ikutan juga Writing Competitionnya, siapa tahu hasil tulisan kamu terpilih untuk dibukukan! Yupz, Jawaban.Com bekerjasama dengan PT. Elex Media Komputindo akan menerbitkan buku kumpulan karya finalis CIBfest. Kamu ingin ikut terlibat dalam event ini? Caranya gampang dan Gratis!!! Ayo buruan daftar!! Pendaftaran terakhir tgl 30 Agustus 2009 loh.. Jadi log on langsung ke www.cibfest.jawaban.com



Di tunggu yaaa….. God Bless…

Postingan populer dari blog ini

BAGAS GODANG; Simbol Ornamentasi Rumah Tradisional Mandailing

Antropologi Visual

Krisis Metode Penelitian Antropologi (Observasi Partisipasi Dan Kedudukan Peneliti Dalam Suatu Penelitian Antropologi)