Langsung ke konten utama

Publikasi Ilmiah


Medans Warenhuis; Preservasi Digital Berbasis Sosial Media
BP3 - Banda Aceh Authors: Ibnu Avena
Jurnal Arabes Seri Informasi Kepurbakalaan Edisi 1 Nomor 1, Juni 2017 (ISSN 1412 5617), Halaman 11-18. Terbitan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Banda Aceh Wilayah Kerja Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Udan Potir: Simbolik Ekologis Gordang Sambilan dan Lingkungan Alam
Lakon, Jurnal Kajian Sastra dan Budaya Edisi Vol.1 No. 2, Juli 2013 (ISSN 9772252-895000), Halaman 34-48. Terbitan Magister Kajian Sastra dan Budaya - Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga.

Fungsi dan Peran Gordang Sambilan pada Masyarakat Mandailing
BPNB Banda Aceh / http://catalogue.nla.gov.au/Record/6250455 Authors: Avena Matondang, M. Liyansyah, Piet Rusdi, Erond Damanik, Sri Hartini Fungsi dan Peran Gordang Sambilan Pada Masyarakat Mandailing, Tim Penulis (ISBN 978-602-9457-21-6). Terbitan Balai Pelestarian Nilai Budaya Banda Aceh, 2012.

Rumah Sakit Deli Maatschappaij; Ikon Sejarah Kesehatan dan Aspek Legalitas 
BP3 - Banda Aceh Authors: Avena Matondang
Jurnal Arabesk Seri Informasi Kepurbakalaan Nomor 1 Edisi XII Januari – Juni 2012 (ISSN 1412 5617), Halaman 107-124. Terbitan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Banda Aceh Wilayah Kerja Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, 2012.

Arbab; Sekilas Etnografi Alat Musik Tradisional Simalungun
BPSNT - Banda Aceh 2011 Authors: Avena Matondang Seri Informasi Budaya No 23/2011 (Leaflet). Terbitan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata – Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Banda Aceh, 2011.

Rondang Bintang; Wisata Etnografi Tahunan Simalungun
BPSNT - Banda Aceh 2011 Editor : Avena Matondang Editor, Seri Informasi Budaya No. 28/2011 (ISBN 978-602-9457-00-1). Terbitan Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Banda Aceh, 2011.

Berawal dari Masa Depan Menatap Sejarah; Bangunan bersejarah diantara realitas dan fungsional 
BP3 - Banda Aceh Authors: Ibnu Avena Matondang
Jurnal Arabesk Seri Informasi Kepurbakalaan Nomor 1 Edisi XI Januari – Juni 2011 (ISSN 1412 5617), Halaman 95-105. Terbitan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Banda Aceh Wilayah Kerja Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, 2011.

Gordang Sambilan; Video Etnografi Tentang Penggunaannya Ditengah- tengah Masyarakat Mandailing di Kota Medan Repository Universitas Sumatera Utara
http://repository.usu.ac.id/browse type=author&value=Matondang %2C+Ibnu+Avena July 2008 Authors: Ibnu Avena Matondang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAGAS GODANG; Simbol Ornamentasi Rumah Tradisional Mandailing

Pengantar Individu manusia dari berbagai suku yang tersebar di penjuru dunia memiliki kekayaan tradisi yang sangat beragam, kekayaan tradisi tersebut meliputi : kesenian, pengetahuan lokal, arsitektur, teknologi dan lain sebagainya yang juga berfungsi sebagai suatu penanda atau karakteristik suatu suku. Pemahaman mengenai kekayaan tradisi itu juga mencakup mengenai pengetahuan mengenai tempat tinggal atau pada umumnya dikenal dengan rumah. Rumah selain berfungsi sebagai tempat tinggal, juga memiliki pemaknaan lain yang berkaitan dengan sistem nilai tradisi yang berlaku pada masyarakat tersebut, dalam tulisan ini dibahas mengenai rumah tradisional masyarakat Mandailing. Dalam terminologi masyarakat Mandailing, rumah disebut sebagai bagas godang yang secara harfiah dapat diartikan sebagai rumah besar. Bagas godang masyarakat Mandailing memiliki beragam nilai budaya yang tersimpan dalam arsitekural bangunan bagas godang, nilai budaya tersebut berperan sebagai pandangan hidup masyarakat Ma…

Rumah Sakit Deli Maatschappaij; Ikon Sejarah Kesehatan dan Aspek Legalitas

Rumah Sakit Deli Maatschappaij; Ikon Sejarah Kesehatan dan Aspek Legalitas
Ibnu Avena Matondang

Keberadaan bangunan bersejarah tidak lepas dari ikon atau karakteristik yang terbangun dalam proses perjalan waktu, ikon atau karakteristik tersebut memberi warna dalam ruang secara wilayah dan juga turut memberi aksen pada perjalanan panjang sejarah. Tulisan ini akan membahas mengenai keberadaan Rumah Sakit Tembakau Deli, Medan yang dalam konteks bangunan bersejarah dan perkembangannya yang disertai dengan aspek legalitas bangunan bersejarah di Kota Medan. Keberadaan Rumah Sakit Tembakau Deli memegang peran yang penting dalam perkembangan Kota Medan, tidak saja sebagai materi bangunan namun juga pada aspek sosial-budaya yang melingkupi bangunan tersebut sebagai rumah sakit tertua yang berada di Kota Medan dengan segala usaha kesehatan. Pembahasan awal dimulai dengan keberadaan perkebunan dan kereta api sebagai acuan keberadaan bangunan bersejarah di Kota Medan, selanjutnya pembahasan mengenai …

Antropologi Visual

ANTROPOLOGI VISUAL
PENDEKATAN TEKNOLOGI DAN PENDEKATAN ANTROPOLOGI
Oleh : Ibnu Avena


Pendahuluan

Antropologi visual merupakan sub-disiplin baru dalam dunia antropologi secara keseluruhan, walaupun dalam kenyataannya sekarang ini keberadaan antropologi visual sebagai suatu sub-disiplin antropologi dipertanyakan, sebagai suatu sub-disiplin antropologi tentunya antropologi visual sudah jelas menggunakan metode antropologi, akan tetapi apakah antropologi visual memiliki kontribusi bagi antropologi itu sendiri, tentunya hal ini tinggal menunggu waktu saja.
Kebiasaan para antropolog pada umumnya yang mengungkapkan hasil karya etnografi dalam bentuk tulisan menjadikan antropologi visual dengan pendekatan secara visual menjadi suatu yang baru, secara aplikasi maupun teoritik antropologi visual dapat menghadirkan suatu bentuk visual dalam suatu karya etnografi, berbeda dengan hasil karya etnografi yang dituangkan dalam bentuk tulisan, hal ini perlu menggunakan imajinasi para pembaca hasil karya e…